Kamis, 10 Agustus 2017

Pelatihan Pembuatan Krupuk Kulit Pisang




Pisang merupakan salah satu potensi hasil bumi dalam bidang pertanian di Desa Poteran. Banyak masyarakat yang menanam pohon pisang disekitar rumahnya, bahkan dilahan-lahan yang dimiliki masyakarat tersebut. Namun, masih banyak bagian-bagian dari tanaman pisang seperti pelepah pisang, kulit pisang dan yang lainnya yang sering dan biasa dibuang begitu saja. Hal ini dikarenakan  masyarakat yang terkadang kurang sadar ataupun belum tau dan paham akan cara pengelolaan tanaman pisang. Seperti biasa yang kita ketahui bahwa masyarakat hanya mengetahui pemanfaatan tanaman pisang yaitu buahnya yang bisa langsung dimakan dan daunnya yang dibuat untuk bungkus dan lain- lain. Pada dasarnya pisang tidak hanya dapat dijual buahnya saat mentah atau matangnya dan sering sekali kulitnya dibuang begitu saja.Namun faktanya, ternyata kulit pisang bisa dijadikan olahan makanan yang bisa menambah nilai ekonomis. Melihat adanya situasi ini, kami KKN 68 UTM 2017 memiliki inisiatif untuk mengembangkan potensi tersebut, yaitu kulit pisang diolah menjadi kerupuk pisang.
Untuk membuat produk krupuk dari kulit pisang ini cukup mudah dan bahan-bahannya pun mudah dan murah untuk di dapatkan. Adapun bahan-bahan dan cara pembuatannya yaitu sebagai berikut :
Bahan-bahan :
ü Kapur Sirih
ü Kulit Pisang
ü Tepung Tapioka
ü Bawang Putih
ü Masako
ü Garam secukupnya

Cara pembuatan :
ü Rendam kulit pisang dengan kapur sirih selama 20 menit.
ü Angkat kulit pisang lalu cuci bersih dengan air.
ü Rebus kulit pisang selama 30 menit.
ü Blender kulit pisang dan bawang putih hingga halus dan beri air.
ü Rebus kulit pisang yang sudah di blender sampai mendidih.
ü Campur semua bahan (tepung tapioka, masako dan kulit pisang).
ü Bungkus adonan dengan daun pisang.
ü Setelah itu kukus adonan tersebut kurang lebih 2 jam.
Untuk merealisasikan produk tersebut kepada masyarakat kami mengadakan pelatihan pembuatan kerupuk kulit pisang yang bertempat di Balai Desa Poteran pada hari Selasa, 1 Agustus 2017. Dalam pelatihan pembuatan krupuk dari kulit pisang ini, warga Desa Poteran cukup antusias terutama Ibu-ibu. Dan pada pelatihan ini juga mendapat dukungan yang penuh dari Kepala dusun di Desa Poteran. Berikut adalah foto dokumentasi pelatihan pembuatan kerupuk kulit pisang.





0 komentar:

Posting Komentar