Sabtu, 12 Agustus 2017

Cinta Poteran



CINTA POTERAN
Cinta Poteran merupakan salah satu program kerja yang berfokus pada sosialisasi dan ramah tamah dengan aparat desa dan dusun yang ada di desa Poteran. Selain itu, program ini juga termasuk pengoptimalisasi kembali atau peningkatan fasilitas desa yang kurang terawat. Kegiatan-kegiatan Cinta Poteran berupa pengecatan balai desa, bersih-bersih desa, pemetaan denah desa, papan nama desa dan pembuatan papan nama informasi seputar fakta-fakta menarik di lokasi yang strategis di desa Poteran yaitu wisata religi Puju’ Kangean.
Berikut beberapa kegiatan Cinta Poteran :
1.                  Kegiatan Bersih Desa
Lingkungan yang bersih merupakan lingkungan yang menjadi idaman setiap masyarakat. Sangatlah penting sekali menjaga lingkungan masyarakat, karena lingkungan memberikan pengaruh yang sangat besar dalam kehidupan masyarakat baik memberikan pengaruh terhadap tingkat kualitas kehidupan masyarakat, maupun kesehatan dan aspek lainnya. KKN Tematik Universitas Trunojoyo Madura 2017 kelompok 68 berinisiatif mengajak masyarakat Poteran untuk melakukan kerja bakti bersama membersihkan wilayah sekitar balai desa dan lokasi wisata religi Puju’ Kangean.
Kegiatan kerja bakti membersihkan sekitar balai desa dan lokasi wisata religi Puju’ Kangean dilaksanakan pada Hari Jum’at 04 Agustus 2017 pukul 06:30 sampai dengan pukul 10:00 WIB oleh seluruh anggota kelompok KKN Tematik Universitas Trunojoyo Madura 2017 kelompok 68 bersama dengan para pemuda Desa Poteran. Pelaksanaan kerja bakti adalah seluruh wilayah Dusun Taman yaitu membersihkan sebagian balai desa dan daerah wisata religi Puju’ Kangean saja. Kegiatan kerja bakti ini mendapat tanggapan yang baik dari masyarakat Desa Poteran , sebab lingkungan yang bersih memang sangatlah penting bagi seluruh masyarakat Desa Poteran.




2.            Pembuatan Papan Nama
Pembuatan papan nama merupakan program kerja pendukung guna mengetaui lokasi Kantor BPD, Wisata Religi Puju’ Kangean, Serta Pasar Poteran. Dalam pembuatan dan pengerjakan papan nama Kelompok KKN 68 UTM menggunakan Papan serta balok bekas serta ada yang beli di Sumenep karena didaerah Poteran sulit mencari mabel.  Penyelesaian pembuatan papan nama membutuhkan waktu 1 minggu.



3.          Pembuatan Struktur Organisasi BPD
BPD (Badan Perwakilan Desa) merupakan lembaga yang ada didesa Poteran. Dalam hal ini BPD Poteran belum memiliki papa media struktur organisasi. Sehingga KKN 68 UTM ingin membantu dalam pembuatan media papan tersebut. Pengerjakan atau pembuatan media papan membutuhkan waktu 4 hari dengan menggunakan triplek.

4.                Pembutan Peta Desa Poteran
Peta desa merupakan sarana yang dibutuhkan masyarakat sekitar dan juga masyarakat luar untuk mengetahui letak ataupun posisi desa. Peta desa juga berguna untuk para pengunjung untuk mengetahui letak Wisata Religi Puju’ Kangean sehinggan memudahkan wisatawan dalam mencapai lokasi wisata.



 

 


0 komentar:

Posting Komentar