Senin, 19 Juni 2017

Potensi Umum Desa

           Desa Poteran memiliki banyak komoditi Perekenomian yang sudah ada, namun diluar itu banyak hal yang tersimpan dengan Potensi yang luar biyasa, kemudian Desa ini sangat panas tapi begitu subur baik dari sector Pertaniannya atau Kelautannya, dari banyaknya Potensi yang ada di Desa Poteran ini, maka dari ini banyak Potensi yang dapat kami galihantara lain dari sebuah kekurangan yang sedang melanda Desa Poteran. Yaitu mengenai Pendidikan, Dukumen Warga, Perekonomian, Air dan Listrik.

·         Pendidikan
Secara kuantitas tingkat Pendidikan di Desa Poteran bisa dikatakan baik, hal ini dibuktikan dengan banyaknya Lembaga Pendidikan di Desa ini. Seperti SD/MI, Madrasah Diniyah, MTS. Tetapi jika kita lihat dari segi kualitas maka masih jauh dikatakan baik apalagi maju, karena Metode yang diterapkan dilembaga ini masih menggunakan Metode Ceramah serta Manajemen Pendidikan yang masih kurang baik pula. Tetapi system pendidikan yang ada di Desa ini sangat kental dengan unsur Keagamaan. Artinya Pendidikan Keagamaan lebih dititik beratkan,
Tetapi kemudian yang perlu menmjadi koreksi utama adalah masalah Manajemen Pendidikan yang masih awut-awutan baik dari Manajemen Kurikulum, Sarpras Dan Kesiswaan.Hanya yang bisa dikatakan baik adalah Manajemen Keuangan dengan menggunakan system transparansi.

·         Kesehatan
Dalam segi Kesehatan Desa Poteran memiliki 3 Poskesdes Dua berbentuk Posyandu sedangkan satunya berbentuk Poskesdes biyasa, dengan adanya Tiga pusat Kesehatan yang ada di Desa Poteran ini, masyarakat Poteran bisa dikatakan sangat dapat terbantu karena TigaPusat Kesehatan tersebut memiliki peralatan yang cukup memadai walaupun tak semua peralatan dapat dikatakan lengkap sempurna. Hal ini semakin menambah kerukunan masyarakat yang ada di Desa Poteran ini, dimana masyarakat disini lebih mengutamakan yang namanya sikap gotong royong dari pada uang atau system gaji (ongkos).

·         Lingkungan (Infrastuktur)
Berbicara Infrastuktur yang ada di Desa Poteran ini kami menilai sangat buruk, perbaikan yang memang sangat-sangat ditunggu oleh masyarakat disini itu hanya berjalan sekitar 10%, itupun belum sebarapa, contohnya jalan yang rusak yang memang menjadi keluhan masyarakat serta tidak adanya air yang dapat dikomsumsi dengan baik oleh masyarakat, serta listrik yang masih masuk dengan kisaran 50% saja semakin menambah kurangnya Infrastuktur yang ada di Desa Poteran ini. Sebenarnya hal ini dapat diatasi oleh Pemerintah karena begitu banyaknya masyarakat disini yang sudah menjadi Dewan Perwakilan Rakyat, akan tetapi lagi-lagi system kordinasi yang seharusnya berjalan antara Aparatur Desa dengan DPRD itu tidak terjadi.

·         Perekonomian
Dari segi Ekonomi internal Desa, Penduduk yang rata-rata berprofesi sebagai Nelayan dan Petani kurang begitu pandai dalam mengatur system pemasaran dan disisi lain Pemuda yang ada di Desa Poteran ini kurang begitu memberikan kontribusi yang seharusnya kemajuan dan kesejahtraan Desa ada ditangan mereka, selain kelompok tani yang ada Desa juga kelompok nelayan yang ada di Desa Poteran ini juga tidak mampu membentuk yang namanya Koprasi Desa, serta para Organisatoris PKK kurang aktif serta tidak adanya  motivasi kepada para ibu-ibu rumah tangga yang seharusnya dapat berperan dalam pembangunan kesejahtraan Desa kedepannya, hingga hal ini berdampak dengan banyaknya masyarakat didesa ini lebih memilih trasmigrasi ke JAKARTA karena mereka menganggap system perekonomian lebih menguntungkan disana dan hal itu tentunya untuk memperbaiki kondisi perekonomiannya.

0 komentar:

Posting Komentar